Inilah Daftar Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Inilah Daftar Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan - Yogurt atau yang dikenal dengan yoghurt adalah susu yang telah difermentasikan. Yoghurt ini dapat dibuat dari berbagai macam susu. Selain itu yoghurt dapat dibuat dari sari kacang kedelai. Sejarah yoghurt ini pertama kali menjadi minuman tradisional masyarakat daerah Timur Tengah. Kata yogurt berasal dari bahasa turki, yaitu Jugurt yang berarti susu asam. Eropa Barat baru mulai mengenal dan mengkonsumsi yogurt pada tahun 1500-an. Berawal dari sakit diare kronis yang diderita oleh raja Prancis, Francois yang tak kunjung sembuh, meski berulang kali berobat.
Inilah Daftar Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan
Kemudian Raja Sulaiman mengirimkan seorang dokter yang berasal dari konstantinopel turki. Dokter memberikan ramuan yang terbuat dari fermentasi susu domba kepada sang raja, sampai akhirnya raja pun sembuh. Berita kemudian tersebar dengan cepat, orang eropa pun mulai mengenal yogurt. Pada tahun 1900 yogurt mendapat perhatian global.

Yoghurt memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Sebelum melangkah pada manfaatnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi pada yoghurt.

Berikut kandungan nutrisi yoghurt, diantaranya:

- Energi yoghurt sebesar 52 kal
- Protein yoghurt sebesar 3,3 gr
- Lemak yoghurt sebesar 2,5 gr
- Karbohidrat yoghurt sebesar 4 gr
- Kalsium yoghurt sebesar 145 mg
- Sodium yoghurt sebesar 47 mg
- Potassium yoghurt sebesar 18 mg
- Vitamin A yoghurt sebesar 48 IU
- Vitamin B1 yoghurt sebesar 30 mg
- Vitamin C yoghurt sebesar 0,7 mg

Selain itu, kandungan pada yoghurt juga terdapat riboflavin, pyridoxine dan asam amino. Asam amino ini sangat banyak, sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Berikut manfaat yoghurt bagi kesehatan, antara lain:

Mengatasi rambut rontok
Rambut yang indah merupakan idaman bagi setiap orang. Terkadang perawatan yang kurang tepat dapat membuat rambut menjadi kering dan rontok. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan yoghurt. Caranya dengan mengkombinas 250 gram buah pepaya dan 100 ml yoghurt. Kemudia blender bahan tersebut. Balurkan krimnya pada rambut dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu baru dibilas hingga bersih.

Melancarkan pencernaan
Manfaat ke dua dari yoghurt ini dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik dalam yogurt mampu membuat keseimbangan mikroflora dalam usus yang berperan penting dalam proses pencernaan usus dan menjaga kebugaran tubuh.

Mengatasi jerawat
Jerawat yang timbul pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Namun, jerawat ini dapat diatasi dengan menggunakan yoghurt. Caranya dengan menggunakan yoghurt sebagai masker pada wajah. Diamkan selama ± 30 menit. Setelah itu bilas dengan air sejuk yang tidak begitu dingin hingga bersih.

Meningkatkan sistem daya tahan tubuh
Sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang sering kali mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena bakteri yang berkembang biak berhasil masuk kedalam tubuh. Untuk meningkatkan sistem imun dapat mengkonsumsi yoghurt. Kandungan prebiotik ini dapat mencegah bakteri atau virus masuk kedalam tubuh.

Mencegah hipertensi
Hipertensi atau yang dikenal dengan darah tinggi ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi yoghurt. Kalium dalam yogurt, dapat membantu membuang kelebihan sodium keluar dari tubuh.

Meremajakan kulit
Yoghurt memiliki sifat yang dapat melembabkan kulit. Caranya cukup mudah dengan menggunakan yoghurt sebagai masker kulit. Dengan demikian sel kulit akan kembali seperti semula. Selain itu flek hitam, komedo ataupun kulit berminyak juga dapat diatasi dengan menggunakan yoghurt.

Menurunkan berat badan
Manfaat berikutnya dari yoghurt ini adalah menurunkan berat badan. Yoghurt memiliki sifat yang dapat mengenyangkan. Sehingga Anda tidak mudah merasa lapar.

Mencegah kanker
Efek anti tumor didapat dari Lactobasillus achidophilus dan Lactobasillus bulgaricus yang dihasilkan yoghurt. Kanker rahim dan kanker prostat mampu di cegah oleh kandungan yoghut dengan kandungan asam folat dan seng.

Mencegah osteoporosis
Osteoporisi merupakan suatu keadaan dimana tulang kehilangan kekuatannya karena kurangnya mendapatkan kalsium. Penyerapan Kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk kekuatan tulang dihasilkan oleh asam laktat yang memproduksi metabolit. Metabolisme tulang juga mampu berjalan baik karena yoghurt membantu memproduksi vitamin K yang berperan penting.

Menjaga kesehatan jantung
Yoghurt adalah bahan makanan rendah lemak bisa jadi bahkan bebas lemak sehingga baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi yogurt dengan porsi tepat mampu mencegah atau setidaknya menurunkan risiko serangan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi yoghurt. Untuk menikmati yoghurt, dapat dicampurkan pada minuman lain, seperti es. Walaupun menyehatkan, mengkonsumsi yoghurt juga harus dibatasi. Demikianlah artikel tentang manfaat yoghurt bagi kesehatan. Jika berlebihan dapat menyebabkan mencret ketika buang air besar.